Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak! Begini Cara Chat Dosen yang Baik dan Benar, Agar Chat Kamu Dibalas

chat dosen yang baik dan benar
Ilustrasi dosen ketika mengajar

Blog Ilmu Pendidikan - Mengenai chat dosen, seringkali mahasiswa dibuat menunggu dan ada yang sampai ketakutan karena tidak di balas padahal begitu penting. Baik untuk mahasiswa yang baru maupun mahasiswa tingkat akhir juga sering mengalami chat yang tidak dibalas dengan dosen. Apalagi sekarang ini dilakukan pembelajaran jarak jauh yang harus membutuhkan arahan dosen via chat. Masalah ini umum sekali terjadi sekarang di masa pandemi sekarang ini. Ada yang mengatakan bahwa chat dosen yang baik dan benar itu tidak terlalu panjang.

Namun, kamu tentunya tidak perlu takut dan bingung mengenai bagaimana cara chat dosen yang baik dan benar agar chat penting dapat dibalas oleh dosen. Blog Ilmu Pendidikan akan membagikan seputar tips agar chat kamu dibalas oleh dosen saat situasi mendesak.

Cara Chat Dosen yang Baik dan Benar

1. Ucapkan Salam

Kesopanan memang aspek yang sangat berpengaruh sekali. Dosen akan melihat seberapa sopan kamu saat menghubungi jika ada situasi penting. Jika kamu sopan tentunya dosen akan merespon dengan baik, namun jika kamu tidak sopan maka chat yang kamu sampaikan akan tidak dibalas. Kesopanan dapat dilakukan dengan mengucapkan salam baik di awal pesan maupun akhir pesan sesuai kepercayaan masing-masing. Karena itu menjadi salah satu cara chat dosen yang baik dan benar

2. Perkenalkan Nama dan NIM

Cara melakukan chat dosen yang baik dan benar yang kedua yakni dengan memperkenalkan nama lengkap dan NIM. Karena mahasiswa yang di ampu dosen begitu banyak seringkali merasa bingung dan tidak tahu mengenai para mahasiswa didiknya, untuk itu agar chat kamu dibalas dengan baik oleh dosen perkenalkan Nama dan NIM setelah mengucapkan salam.

3. Uraikan Masalah

Cara chat dosen yang baik dan benar yang ketiga yaitu dengan menguraikan masalah. Cobalah menguraikan masalah dengan baik dan menyusun kata-kata secara ringkas dan simple namun tetap formal dan sopan. Jangan menguraikan masalah terlalu panjang, karena waktu dosen yang tidak banyak mengharuskan chat seperlunya saja agar dosen dapat merespon dengan baik. Maka dari itu persiapkan kata-kata penguraian masalah dahulu baru lakukan pengiriman kepada dosen.

4. Lakukan Pengulangan Chat

Perlu diketahui jika chat kamu masih belum dibalas oleh dosen. Cara chat dosen yang baik dan benar tentunya jangan melakukan pengulangan chat secara sering atau spam. Cukup lakukan saja dua hari sekali saat chat kamu tidak dibalas, maka dari itu dianjurkan jangan sampai mentok deadline ya, jika masalah yang dialami seputar tugas, makalah, maupun skripsi.

Nah itulah cara dan tips mengenai chat dosen yang baik dan benar. Mungkin ada beberapa kasus dimana cara diatas tidak efektif oleh semua dosen yang ada. Namun sebagian besar dosen akan merespon dengan baik jika kamu melakukan cara chat dosen yang baik dan benar diatas. Maka dari itu coba saja ya teman, barangkali dosen kamu sedang sibuk atau memang mengharuskan kamu lebih teliti lagi mengenai pesan chat yang dikirimkan.

Posting Komentar untuk "Simak! Begini Cara Chat Dosen yang Baik dan Benar, Agar Chat Kamu Dibalas "