Metode Pembelajaran Sosiologi yang Menyenangkan, Agar Materi Mudah Dipahami

 

metode pembelajaran sosiologi
belajar sosiologi
Blog Ilmu Pendidikan Para siswa dalam pembelajaran di sekolah pastinya akan merasa jenuh jika sistem pembelajarannya monoton. Jika hanya guru sekedar menjelaskan, pastinya pengetahuan akan sulit dipahami oleh para siswa. Berikut adalah beberapa metode pembelajaran sosiologi yang menyenangkan yang bisa diterapkan dalam pembelajaran sosiologi.

1.      Menggunakan media pembelajaran berbentuk kuis

Pelajaran sosiologi kebanyakan memuat teori-teori yang panjang. Akan lebih menyenangkan apabila guru mencoba menggunakan media kuis dalam menyampaikan isi pelajaran. Kuis tersebut di buat dalam jumlah yang banyak, kemudian masing-masing siswa ditunjuk satu persatu untuk menjawab setiap kuis yang diajukan.

Contoh lain pembuatan kuis dilakukan oleh masing-masing siswa. Membuat kelompok yang berpasangan, kemudian melemparkan pertanyaan kepada tiap pasangan. Hal ini akan lebih menyenangkan dan seru, sehingga materi yang diajarkan bisa lebih mudah diterima oleh para siswa dalam mempelajari sosiologi.

2.      Menggunakan media pembelajaran berbentuk permainan

Metode pembelajaran sosiologi yang menyenangkan selanjutnya adalah dengan membentuk permainan yang dapat mengasah teori lewat pengaplikasiannya dalam sebuah game. Beberapa contoh game yang bisa dipilih untuk pembelajaran sosiologi seperti game puzzle, game tebak angka, game ular tangga dan sebagainya.

Metode ini hampir mirip dengan kuis, namun penerapannya lebih mengandalkan seni kerajinan tangan. selain belajar sosiologi, para siswa juga bisa belajar kerajinan dengan membuat beberapa media seperti papan, origami, puzzle sesuai dengan metode permainan yang dipilih. Untuk materi yang dibuat dapat disematkan dibalik media pemainan tersebut.

3.      Menggunakan media pembelajaran berbentuk menerangkan secara aktif

Metode kali ini di lakukan oleh seorang guru dalam menerangkan keseluruhan teori sosiologi. Yang mana guru harus menetapkan arah dan tujuan pembelajaran dengan menerangkan secara verbal. Seorang guru bisa menjelaskannya dengan santai tanpa kaku. Berikanlah sedikit ilustrasi agar para siswa juga memahami teori yang dimaksud.

4.      Menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi

Dalam belajar sosiologi menggunakan teknologi, ada beberapa pilihan media yang dapat digunakan. Misal lewat internet, aplikasi computer, audio saja atau bisa dengan menayangkan video. Media pembelajaran jenis ini banyak digunakan ketika untuk menyampaikan materi dari guru dalam bentuk visual. Pembuatannya pun harus semenarik mungkin jika yang dibuat dalam bentuk program computer seperti powerpoint.

Media lain dengan menggunakan internet. Penggunaan internet ini bisa mengajarkan siswa untuk mengakses sendiri web pembelajaran yang diajarkan. Misal melalui PC ataupun gawai yang dimiliki. Untuk media audio dan video, guru dapat menyampaikannya menggunakan media lcd poyektor dan juga speaker. File audio video bisa didapatkan di berbagai sumber di internet yang masih ada kaitannya terhadap materi sosiologi.

Itulah pembahasan mengenai beberapa metode pembelajaran sosiologi yang menyenangkan. Para guru bisa menerapkan salah satu dari ide metode pembelajaran diatas, atau jika memungkinkan dapat diterapkan semuanya tiap pekannya. hal tersebut bertujuan agar para siswa tidak merasa jenuh dan mudah menangkap pelajaran yang disampaikan.