Metode Pembelajaran Sosiologi yang Menyenangkan Agar Siswa Aktif

 

metode pembelajaran sosiologi
belajar sosiologi di kelas
Blog Ilmu Pendidikan - Setiap siswa pasti menginginkan pembelajaran di kelas yang asyik dan menyenangkan. Jika para siswa sangat senang belajar di kelas otomatis para siswa akan memahami setiap materi yang diajarkan oleh guru. Namun jika pembelajaran dirasa sangat monoton maka para siswa akan merasakan ngantuk dan cepat mudah bosan. Walaupun begitu dengan mengetahui metode pembelajaran sosiologi yang menyenangkan tentunya rasa ngantuk para siswa dapat dicegah.

Bentuk materi sosiologi yang banyak sekali teori-teori yang harus dipelajari, maka para guru sosiologi tentunya dituntut untuk mengajar dengan kreatif agar para siswanya tidak cepat mudah bosan yang akhirnya ngantuk.

Nah berikut ini cara mengusir ngantuk para siswa dengan menggunakan  metode pembelajaran sosiologi yang menyenangkan.

1. Metode pembelajaran menyenangkan dengan kuis

Pembelajaran yang asyik tentunya yang dapat menumbuhkan sikap aktif para siswa agar tidak bosan dan ngantuk. Dengan metode pembelajaran kuis ini, merupakan cara menerapkan metode pembelajaran dalam meningkatkan semangat belajar para siswa.

2. Metode pembelajaran mengasyikkan dengan teknologi

Disaat berkembangnya era teknologi yang semakin maju, tidak ada salahnya menggunakan pembelajaran dengan memutar film agar lebih mudah dipahami dikarenakan dapat diilustrasikan secara jelas gambaran materinya. Dengan adanya film, pembelajaran di kelas lebih mudah dipahami dan siswa lebih aktif dikarenakan tidak mengalami bosan.

Beberapa sekolah memang sudah memaksimalkan penggunaan proyektor dengan menampilkan materi lewat PPT. Materi yang ditampilkan melalui PPT, apalagi jika desain template yang digunakan sangat bagus dan menarik seperti menambahkan gerakan animasi pada PPT itu sendiri, siswa tentunya akan menikmati materi dan menyimak dengan baik. Semakin menarik PPT yang ditampilkan, maka semakin meningkat juga minat siswa terhadap materi yang diajarkan.

3. Metode pembelajaran tidak kaku

Salah satu cara meningkatkan minat belajar yang sangat efektif dengan adanya rewards atau hadiah. Hadiah ini dapat diberikan jika para siswa telah mencapai syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh para guru. Dengan begitu para pembelajaran menjadi kompetitif dan bersaing secara sehat. Hadiah yang diberikan dapat berupa buku maupun akumulasi poin tambahan tugas harian.

Itulah pembahasan mengenai metode pembelajaran sosiologi yang menyenangkan di kelas agar para siswa lebih termotivasi dalam belajar dan mengatasi kantuk serta rasa bosan, akibat belajar yang terlalu kaku dan kurang variatif.