Cara Penerapan Metode Pembelajaran Sosiologi yang Menyenangkan dan Manfaatnya

metode pembelajaran sosiologi
belajar sosiologi menyenangkan
Blog Ilmu Pendidikan - Para siswa di sekolah pasti akan cepat ngantuk dan bosan, jika pembelajarannya kurang menarik perhatian para siswa. Apalagi pembelajaran online seperti sekarang ini menuntut pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan dari guru, agar para siswa suka. Berikut adalah cara penerapan metode pembelajaran sosiologi yang menyenangkan manfaatnya, yang bisa diterapkan dalam pembelajaran sosiologi di kelas.

Penerapan Metode Pembelajaran Sosiologi yang Menyenangkan agar Siswa tidak Bosan

Pembahasan kali ini mengenai penerapan metode pembelajaran yang menyenangkan untuk para siswa di sekolah ketika belajar sosiologi.

1. Menggunakan Media Pembelajaran Berbentuk Poin Reward

Mata pelajaran yang memuat materi-materi dengan teori-teori yang panjang dan mengharuskan siswa paham mengenai teori-teori tersebut, salah satu cara agar para siswa semangat adalah dengan memberikan poin reward. Metode pembelajaran poin reward dapat diterapkan agar para siswa semangat bersaing dalam ilmu di kelas saat pembelajaran sosiologi.

Poin reward yang terkumpul dapat diakumulasikan untuk nilai tugas, untuk membantu nilai akhir nantinya. Metode pembelajaran poin reward ini sekarang ini sudah banyak diterapkan oleh masing-masing pendidik, dikarenakan siswa akan termotivasi untuk lebih aktif di kalas walaupun pembelajaran jarak jauh sekalipun.

2. Menggunakan Media Pembelajaran Berbentuk Kuis

Hampir mirip dengan metode poin reward diatas, pembelajaran menggunakan media kuis juga efektif agar para siswa tidak mudah cepat bosan dan ngantuk. Dikarenakan teori-teori sosiologi yang cukup banyak, biasanya membuat para siswa malas dan ngantuk untuk memahami materi yang begitu banyak. Maka dari itu untuk memunculkan inisiatif para siswa agar lebih menikmati pembelajaran di kelas dapat diterapkan metode pmebelajaran sosiologi yang menyenangkan dengan media kuis. Sesekali berikan hadiah jika para siswa dapat menjawab pertanyaan kuis tersebut, agar para siswa lebih semangat lagi dalam belajar.

3. Menggunakan Media Pembelajaran Berbentuk Film

Dikarenakan belajar sosiologi juga belajar realitas yang terjadi di masyarakat, media pembelajaran menggunakan film juga dinilai efektif untuk mengusir kantuk dan bosan para siswa. Dengan menggunakan film sebagai bentuk pembelajaran para siswa akan lebih menikmati dan terhibur juga sekaligus belajar, jadi materi yang diajarkan akan lebih cepat dipahami dikarenakan ada ilustrasi yang nyata. Namun untuk pemutaran film sendiri, diharuskan yang sesuai dengan materi dan durasinya cukup film pendek dokumenter saja.

Contohnya saat pembelajaran sosiologi dengan materi kesenjangan sosial, maka dapat diputarkanlah film dokumenter pendek yang banyak tersedia di kanal sosial media, yang dapat diambil untuk mengilustrasikan materi sekaligus menjelaskannya. Disamping menarik tentunya para siswa akan suka dan tentunya menyimak dengan baik.

4. Menggunakan Media Pembelajaran Berbentuk Teknologi

Dalam pembelajaran sosiologi metode yang digunakan dapat melalui teknologi, baik lewat internet, aplikasi komputer, audio dan video. Media pembelajaran ini memang banyak jenisnya, yang dapat digunakan oleh para guru untuk mengajarkan materi di kelas. Apalagi disaat sekarang ini pembelajaran dilakukan jarak jauh. Salah satu contoh pembelajaran berbentuk teknologi seperti menggunakan Zoom, Meet, Microsoft Teams dan lain-lain.

Dengan perubahan normal baru dalam media pembelajaran. Teknologi menjadi solusi yang hadir untuk tetap diadakan sekolah walaupun dengan jarak jauh. Teknologi yang canggih sekarang ini, membuat kemudahan belajar dimanapun dan kapanpun tanpa terhalang jarak dan waktu. Namun agar para siswa dapat menyimak dengan baik saat pembelajaran dan tidak cepat bosan, materi dapat dijelaskan dengan gaya bahasa yang enak didengar dan tidak terlalu panjang serta monoton. Metode pembelajaran sosiologi yang menyenangkan saat pembelajaran dengan aktif tanya jawab dengan para siswa , agar siswa tidak mudah ngantuk serta bosan.

Manfaat Metode Pembelajaran Sosiologi yang Menyenangkan

Pembelajaran sosiologi yang menyenangkan tentunya akan bermanfaat untuk para siswa. Mulai dari materi yang disampaikan oleh para guru dapat tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami oleh siswa. Biasanya materi yang sulit masuk, dikarenakan siswa merasa bosan dan ngantuk akibat itu materi tidak tersimak dengan baik dan para siswa tidak memahami mengenai materi yang disampaikan.

Maka dari itu manfaat dengan adanya metode pembelajaran sosiologi yang menyenangkan, diharapkan pembelajaran di kelas dapat berjalan dengan baik dan asyik serta menyenangkan. Dikarenakan kurikulum sekarang ini menuntut pembelajaran yang menyenangkan tanpa kekerasan, maka dari itu para guru dituntut untuk lebih kreatif dengan metode pembelajaran yang efektif dan dapat diterapkan saat proses ajar-mengajar.

Dengan begitu materi yang disampaikan dapat terserap secara baik oleh para siswa. Jika materi yang disampaikan dapat terserap baik, tentunya guru yang mengajarkan juga akan merasa senang dan puas serta para siswa jadi lebih disiplin dalam belajar sosiologi di kelas.

Itulah pembahasan mengenai penerapan Metode Pembelajaran Sosiologi yang Menyenangkan dan manfaatnya. Para guru dapat memilih salah satu metode yang tersedia untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas setiap pekannya diadakan pembelajaran, hal itu bermaksud agar para siswa lebih menikmati materi yang diajarkan dan tentunya tetap menyimak dengan baik tanpa merasa bosan dan tertekan.