Kabar Baik Untuk Para Pelajar dan Mahasiswa Kuota Kemendikbud 2021 Cair Lagi

bantuan kuota kemendikbud

Blog Ilmu Pendidikan - Kabar yang dinanti-nanti oleh para pelajar maupun mahasiswa dan guru serta dosen adanya bantuan lagi dalam proses belajar daring di tahun 2021 ini.

Pasalnya, Kemendikbud akan memberikan bantuan kuota gratis lagi yang sukses dilaksanakan pada tahun 2020 lalu dan memastikan pemberian kuota gratis untuk siswa, mahasiswa, guru ,dan dosen pada tahun ini.

Bantuan kuota ini sangat penting karena mahasiswa dan pelajar dituntut untuk belajar di rumah secara penuh dan harus membutuhkan kuota serta biaya yang cukup mahal untuk membeli kebutuhan kuota juga.

Kabar terbaru, Menteri Pendidikan yakni Nadiem Makarim menyampaikan perihal bantuan kuota gratis 2021 ini akan tetap dilaksanakan. Program ini akan dilanjutkan mulai bulan Maret, April, dan Mei tahun 2021.

Tentunya dengana danya bantuan ini akan sangat membantu sekali teruntuk pelajar, mahasiswa, dan guru serta dosen. Karena akan berguna dalam proses pembelajaran yang dilakukan.

Proses pembelajaran yang menggunakan video meeting seperti zoom, google meet, dan microsoft meetings membutuhkan sebuah kuota yang cukup besar. Namun, dengan adanya bantuan kuota gratis dari Kemendikbud ini tentunya akan menghemat biaya yang dikeluarkan untuk mengisi kuota agar dapat join video meeting dengan guru maupun dosen.

Maka dari itu banyak masyarakat yang berterima kasih dan sangat menantikan dengan adanya bantuan kuota gratis ini dan menantikan semoga bantuan kuota gratis ini dapat segera terealisasikan kembali secepatnya.

Dilansir dari laman resmi kuota-belajar.kemdikbud.go.id, kuota yang diberikan ada dua jenis yaitu kuota umum dan kuota belajar. Untuk kuota umum sendiri merupakan kuota yang dapat digunakan secara bebas untuk mengakses aplikasi maupun seluruh laman web.

Sedangkan kuota belajar hanya dikhususkan sebagai kuota untuk mengakses laman-laman pembelajaran, aplikasi pembelajaran, dan video meeting. Pembagian kuota ini juga berbeda-beda sesuai tingkatan sekolah yang diampu.

Teruntuk peserta didik dengan jenjang PAUD, maka besaran kuota yang akan diberikan adalah 20 GB/bulan, dengan pembagian 5 GB kuota umum dan 15 GB untuk kuota belajar dengan durasi bantuan selama 4 bulan.

Teruntuk peserta didik dengan jenjang SD,SMP, dan SMA, maka besaran kuota yang akan diberikan adalah 35 GB/bulan, dengan pembagian 5 GB kuota umum dan 30 GB untuk kuota belajar dengan durasi bantuan selama 4 bulan.

Teruntuk peserta didik dengan jenjang Universitas, maka besaran kuota yang akan diberikan adalah 50 GB/bulan, dengan pembagian 5 GB kuota umum dan 45 GB untuk kuota belajar dengan durasi bantuan selama 4 bulan.

Sedangkan teruntuk guru didik dengan jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA, maka besaran kuota yang akan diberikan adalah 42 GB/bulan, dengan pembagian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar dengan durasi bantuan selama 4 bulan.

Sedangkan teruntuk dosen, maka besaran kuota yang akan diberikan adalah 50 GB/bulan, dengan pembagian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar dengan durasi bantuan selama 4 bulan.

Demikian pembahasan mengenai bantuan kuota Kemendikbud 2021 yang akan cair sebentar lagi. Dan untuk para pelajar serta mahasiswa diharapkan jika nomor telepon sudah mati atau mengalami kendala, dapat menghubungi pihak di sekolah maupun universitas yang bertugas menginput data.

Sumber: Serambi News