Ini Dia Tanda-tanda Kalau Kamu Sudah Baligh

Ini Dia Tanda-tanda Kalau Kamu Sudah Baligh - Hallo sahabat Pena Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ini Dia Tanda-tanda Kalau Kamu Sudah Baligh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Konseling, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Dewasa dalam Islam | Tanda Baligh 

Assalamu ‘Alaykum

Hai teman-teman!

Apa itu baligh? Baligh secara bahasa artinya dewasa. Dalam Islam, baligh berarti sudah berlakunya kewajiban-kewajiban seperti halnya shalat, puasa, dll. Selain itu, pahala dan dosa akan dicatat atas nama orang yang sudah baligh.

Peralihan

Lalu, tanda kalau seseorang sudah baligh apa saja? Nah, berikut adalah tanda-tanda baligh (dewasa) dalam Islam:

1. Mimpi Basah

Biasanya yang mengalami mimpi basah adalah cowok dan hanya sedikit cewek yang mengalaminya. Mimpi basah dalam bahasa disebut dengan ihtilam. Yang dimaksud dengan mimpi basah bukan berarti kamu mimpi pipis terus ngompol atau kamu mimpi berenang sehingga menjadi basah. Mimpi basah adalah kamu mimpi berhubungan suami istri atau mimpi berhubungan seks. Kalau kamu pernah mengalami mimpi basah, artinya kamu dinyatakan sudah baligh.

Sandaran pendapat tentang ihtilam sebagai tanda baligh dinataranya firman Allah ta’ala :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِيَسْتَأْذِنْكُمُ الَّذِينَ مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ وَالَّذِينَ لَمْ يَبْلُغُوا الْحُلُمَ مِنْكُمْ ثَلاثَ مَرَّاتٍ مِنْ قَبْلِ صَلاةِ الْفَجْرِ وَحِينَ تَضَعُونَ ثِيَابَكُمْ مِنَ الظَّهِيرَةِ وَمِنْ بَعْدِ صَلاةِ الْعِشَاءِ ثَلاثُ عَوْرَاتٍ لَكُمْ لَيْسَ عَلَيْكُمْ وَلا عَلَيْهِمْ جُنَاحٌ بَعْدَهُنَّ طَوَّافُونَ عَلَيْكُمْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَعْضٍ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الآيَاتِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ * وَإِذَا بَلَغَ الأطْفَالُ مِنْكُمُ الْحُلُمَ فَلْيَسْتَأْذِنُوا كَمَا اسْتَأْذَنَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ

Artinya:

”Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum mencapai ”hulm” (ihtilaam) di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum sembahyang subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)-mu di tengah hari dan sesudah sembahyang Isya. (Itulah) tiga 'aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebahagian kamu (ada keperluan) kepada sebahagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. Dan apabila anak-anakmu telah sampai ”hulm” (ihtilaam/usia baligh), maka hendaklah mereka meminta izin, seperti orang-orang yang sebelum mereka meminta ijin” [QS. An-Nuur : 59].

Begitu juga dari keterangan hadits dari Ali (bin Abi Thaalib) dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda:

رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلَاثَةٍ عَنِ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ وَعَنِ الصَّبِيِ حَتَّى يَحْتَلِمَ وَعَنْ الْمَجْنُوْنِ حَتَّى يَعْقِلَ

Artinya:

”Diangkat pena (tidak dikenakan kewajiban) pada tiga orang, yaitu: orang yang tidur hingga bangun, anak kecil hingga ihtilam, dan orang gila hingga berakal” (HR. Abu Dawud)

2. Haid

Haid atau disebut juga menstruasi, datang bulan, datang tamu, atau halangan adalah keluarnya cairah darah pekat dari vagina. Jika remaja perempuan mengalami haid artinya dia sudah menghasilkan sel ovum. Ovum yang tidak dibuahi akan meluruh dan keluar. Darah yang keluar akibat peluruahn tersebut disebut haid. Tentunya yang namanya haidh hanya dialami oleh perempuan saja. Biasanya haid pertama dialami perempuan yang berusia antara 9-15 tahun.

3. Berusia minimal 15 tahun (dalam hijriyyah)

Walaupun belum pernah mimpi basah atau haid, bila menginjak usia 15 tahun, kamu sudah dikatakan baligh. Hal ini berdasarkan hadits yang dibawakan dari Ibnu ’Umar radliyallaahu ’anhuma, ia berkata:

عرضني رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم أحد في القتال. وأنا ابن أربع عشرة سنة. فلم يجزني. وعرضني يوم الخندق، وأنا ابن خمس عشرة سنة. فأجازني.

Artinya:

”Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam menunjukku untuk ikut serta dalam perang Uhud, yang ketika itu usiaku empat belas tahun. Namun beliau tidak memperbolehkan aku. Dan kemudian beliau menunjukku kembali dalam perang Khandaq, yang ketika itu usiaku telah mencapai lima belas tahun.  Beliau pun memperbolehkanku”.

Adapun secara biologis dan psikologis, seseorang yang baru menginjak baligh mengalami hal-hal berikut:

Anak laki-laki mengalami mimpi basah, tumbuh rambut kemaluan, muncul jakun dan suara membesar.

Anak perempuan mengalami haid, membesarnya buah dada dan pinggul (potensi membesar kesamping).

Malu dan takut.

Anak perempuan menjadi lebih sensitif, anak laki-laki lebih cenderung ke perasaan seksual.

Gejolak kuat pada diri (terasa semangat meletup-letup), sehingga penasaran dan selalu ingin mencoba hal baru.

Bagi anak perempuan, merasa butuh menjadi “pusat perhatian”. Bagi anak laki-laki, penting merasa “puas”.

Emosi atau gampang tersinggung/marah.

Tertarik pada lawan jenis.

Tidak suka digurui, tapi butuh sahabat.

============

Pesan untuk para remaja

Teman-teman sekalian! Dalam Islam, manusia dikategorikan ke dalam dua macam, yaitu anak-anak dan dewasa. Artinya tidak ada istilah remaja yang menjadi transisi antara anak-anak dan dewasa. Ketika seseorang memasuki masa dewasa, maka berlakulah hukum syariat baginya. Jadi titip jaga ibadahnya dan jauhi segala bentuk keburukan.

Memang yang namanya remaja selalu penasaran dan ingin mencoba sesuatu yang baru. Tetapi, jangan pernah mencoba sesuatu yang bisa menghancurkan hidupmu. Mintalah nasihat kepada orang dewasa yang telah banyak makan asam garam dalam menjalani kehidupan.

Wassalamu 'Alaykum



Demikianlah artikel berjudul Ini Dia Tanda-tanda Kalau Kamu Sudah Baligh.
Sekianlah dulu pembahasan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.